Berbagi untuk semua akan lebih indah

Saturday, 28 June 2014

Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado

Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado - Kali? Untuk masyarakat di Indonesia bagian barat memang kata “kali” berartikan sebagai sungai. Namun di Manado nama kali adalah nama sebuah air terjun. Air Terjun Kali ini sesuai dengan namanya terletak di Desa Kali, Kecamatan Pineleng, Manado.Cukup banyak wisata air terjun yang dapat ditemui di sekitar Manado, salah satunya Air Terjun Kali ini. Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh masyarakat setempat bersama beberapa mahasiswa pencinta alam yang sedang menyusuri Sungai Malalayang pada tahun 1988.

Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado

Oleh masyarakat sekitar Air Terjun Kali ini lebih sering disebut dengan Air Terjun Tahapan Telu, karena obyek wisata ini memiliki 3 air terjun. Kedua air terjun tertinggi terletak berdekatan yang memiliki ketinggian 60 meter sedangkan air terjun yang terendah ketinggiannya mencapai 20 meter, bukan ukuran yang pendek untuk sebuah air terjun. Untuk menuju tempat wisata ini, dari pintu masuk pembayaran tiket para pengunjung harus berjalan kaki cukup jauh untuk menemukan tujuan utama. Jadi kita kalau kesana harus tetap bersabar karena lintasannya harus berjalan lagi. Kita akan berjalan lagi kira-kira 20-30 menit untuk mencapai obyek ini dan menikmati obyek ini.

Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado

Sekitar 5 menit sebelum jalan setapak menemui ujungnya sudah terdengar suara gemericik air terjun dan perjalanan semakin mendekat, dengan aliran sungainya semakin mendekat kita di Air Terjun Kali. Rasanya rasa letih sepanjang perjalanan tadi langsung terlupakan dengan keindahan air terjun yang ada di hadapan. Sebelum sampai kita akan melewati jembatan kecil yang membawa kita menyeberangi sungai, dari jembatan air terjunnya terlihat sangat indah terlebih dengan ‘ucapan’ selamat datang dengan percikan air yang cukup membuat baju kita basah sungguh pemandangan yang cantik. Dengan begitu kita tidak rugi kalau sudah sampai disana. Pasti bakalan hilang deh capeknya. Hehehe :D

Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado

Menuruni bebatuan yang ada sampailah kita di Air Terjun Kali. Dan sesuai nama yang diberikan masyarakat yaitu Ratahan Telu air terjun disini memang ada 3 namun yang dua sedikit berhimpitan. Air disini sangat jernih dan karena terlalu derasnya air terjunnya berwarna putih pekat. Banyak bebatuan di bawah air terjun ini baik yang besar maupun kecil. Dan harus berhati-hati karena ada bebatuan yang berlumut dan licin. Bagi pengunjung yang berani, bisa mendekat untuk lebih merasakan percikan airnya namun jangan nekat karena melihat tinggi dan banyaknya air yang terjun dari atas cukup berbahaya untuk berdiri tepat dibawah air terjun itu. Intinya tetap berwaspada.

Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado

Untuk mengunjungi obyek wisata Air Terjun Kali atau Ratahan Telu ini sangat mudah karena tidak jauh dari kota Manado hanya sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 25 kilometer. Untuk menikmati wisata ini kita hanya membayar rata-rata Rp 250.000 per 24 jam menggunakan jasa yang telah disediakan disana. Untuk alternatif ini anda bisa beberapa kali mengunjungi tempat wisata dengan lebih mudah, tanpa di repotkan dengan berganti-ganti angkutan. Dan setelah sampai disana setiap orang wajib membayar Rp 3.000,00 untuk setiap orangnya.

Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado

Itulah sedikit tentang Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado bagi anda yang ingin berkunjung kesana tetap jaga keselamatan dan jangan lupa membawa peralatan yang perlu. Semoga artikel Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado bisa bermanfaat untuk anda semua, sekian Terima Kasih. :)

Air Terjun Tahapan Telu Kali Manado Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Angga Oktavian