Berbagi untuk semua akan lebih indah

Monday 21 April 2014

Cara Install Windows XP

Cara Install Windows XP
Cara install windows XP,  Bagi Anda penggunakan komputer, pasti sudah mengenal yang namanya Windows XP. Windows XP merupakan salah satu sistim operasi komputer yang masih sering dipakai hingga saat ini,walaupun windows ini sudah tidak di supoet lg oleh Microsoft. Saat ini terdapat beberapa versi dari Windows XP itu sendiri, diantaranya adalah : windows xp professional edition, windows xp home edition, dan masih terbagi lagi kategori Windows XP lainnya. Selain mudah dalam penggunaannya, Windows XP juga lebih ringan cara kinerjanya dibandingkan dengan sistim operasi windows lainnya. Namun terkadang komputer kita terkena virus yang susah untuk dihilangkan dan terpaksa harus meng install ulang Windows XP pada komputer maupun laptop kita.

Di sini saya akan memberikan panduan tutorial cara install ulang windows xp.

Berikut langkah – langkah mudah yang dilengkapi dengan gambar untuk meng install Windows XP :

1. Pertama, Anda harus sudah mempunyai master windows XP yang ingin Anda install. Master windows biasanya diperoleh saat Anda membeli laptop maupun pc desktop satu paket dengan sistim operasi windows.Atau juga bias download langsung dari website Microsoft.
2. Langkah kedua adalah menyiapkan driver dari motherboard yang Anda gunakan.
3. Masuklah ke sistim BIOS komputer Anda untuk mengatur agar prioritas utama boot adalah CD-Room. Hal ini bertujuan agar pada saat komputer maupun laptop/computer Anda direstart langsung mendeteksi CD master windows XP. cara pengaturannya adalah : pilih CD-Room drive pada pilihan First boot priority, dan yang Second boot priority isikan dengan HDD (Hardisk). Setelah itu save dan restart laptop/komputer Anda.
4.Setelah komputer direstart tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan “Press any key to boot from CD…” Tekanlan sembarang tombol agar komputer memproses cd instalasi windows xp nya.

Cara Install Windows XP


5. Setelah itu akan muncul tampilan windows setup seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Install Windows XP


6. Tunggulah beberapa saat dan jangan tekan tombol apapun hingga muncul tampilan seperti pada gambar dibawah. Kemudian ada pilihan untuk melanjutkan install Windows XP dan pilihan untuk memperbaiki Windows XP. Tekan Enter untuk meng install ulang Windows XP.

Cara Install Windows XP


7. Setelah Anda menekan Enter, kemudian akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Setelah itu tekan F8 untuk menyetujui proses install ulang.

Cara Install Windows XP


8. Setelah menekan F8 maka Anda akan dibawa ke halaman daftar partisi hardisk. Apabila Anda belum pernah partisi hardisk Anda, maka hanya akan tampil drive C: saja. Namun apabila Anda pernah melakukan partisi pada hardisk, maka Anda akan mendapati drive selain C:. Tergantung berapa partisi yang telah Anda buat.

Cara Install Windows XP


9. Untuk install Windows XP, sebaiknya Anda memilih drive C: kemudian tekan Enter. Jika Anda ingin partisi hardisk tekan tombol C, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.

Cara Install Windows XP



 10. Ketiklah kapasitas yang ingin Anda buat. Bila kapasitas hardisk 80 GB dan Anda ingin membuat 2 partisi maka tulislah dalam satuan MB bukan GB.

11. Setelah Anda yakin dengan partisi yang Anda buat, tekanlah Enter. Maka akan muncul tampilan seperti dibawah.

Cara Install Windows XP



12. Ada pilihan Format the partition using the NTFS file system (Quick) dan Format the partition using the NTFS file system. Pilihlah salah satu kemudian tekan Enter maka akan muncul tampilan seperti dibawah.

Cara Install Windows XP



 13. Setelah itu akan muncul pilihan drive yang akan Anda ingin install Windows XP nya. Pilihlah drive C:. Setelah itu tekan Enter maka komputer akan melakukan format drive C:. Tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
Cara Install Windows XP



 14. Setelah proses format selesai, komputer akan melakukan transfer data dari CD master ke hardisk komputer, tepatnya pada drive C:. Prosesnya seperti pada gambar dibawah.

Cara Install Windows XP



 15. Setelah proses pemindahan data selesai, maka komputer akan merestart dengan sendirinya. Atau bila ingin lebih cepat tekan Enter.
Cara Install Windows XP




16. Tunggulah sampai komputer Anda restart. Jangan menyentuh tombol apapun hingga muncul tampilan logo Windows XP.
Cara Install Windows XP



 17. Kemudian barulah proses install dimulai.

Cara Install Windows XP



 18. Anda tinggal menunggu selama proses instalasi berlangsung.

Cara Install Windows XP



19. Setelah itu Anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan, klik Next.

Cara Install Windows XP



 20. Pada kolom nama dan organisasi, isikan nama Anda atau terserah Anda. Setelah itu akan muncul halaman registrasi.

Cara Install Windows XP



 21. Masukkan serial number windows xp. Biasanya tertera pada cover Master CD. Setelah berhasil maka akan muncul halaman Admin dan password. Isikan sesuai dengan keinginan. Setelah itu klik next dan akan muncul halaman tanggal dan waktu. Untuk zona waktu pilihlah GMT+7.

Cara Install Windows XP



 22. Setelah selesai maka akan muncul halaman seperti dibawah ini.


Cara Install Windows XP



 23. Setelah itu Anda tinggal menunggu kurang lebih 30 – 45 menit tergantung kecepatan prosesor komputer yang Anda pakai. Tunggulah hingga muncul seperti pada gambar.

Cara Install Windows XP



24. Pada gambar diatas, hendaknya Anda memilih Typical settings agar lebih mudah. Setelah klik Next maka Anda akan dibawa ke halaman seperti yg terlihat pada gambar.

Cara Install Windows XP



25. Jika Anda ingin menghubungkan komputer Anda dengan domain yang sudah Anda miliki maka isilah nama domain pada kolom yang sudah disediakan. Pilih radio button jika tidak ingin menghubungkan dengan domain. Setelah itu tekan Next.

26. Akan muncul halaman Display Setting. Tinggal klik OK.

Cara Install Windows XP



27. Setelah Anda klik OK, maka windows akan memunculkan tampilan optimal pada komputer Anda, pilih OK.

Cara Install Windows XP



28. Kemudian akan tampil logo windows xp yang pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Cara Install Windows XP


29. Tapi jangan senang dulu, Anda masih harus mengatur beberapa setingan lagi untuk mengaktifkan windows xp yang baru saja Anda install. Anda tinggal tekan Next hingga muncul ucapan selamat datang (welcome) pada layar monitor anda.

Cara Install Windows XP


30. Langkah terakhir, tinggal menginstall driver dari CD Motherboard, sound, vga, maupun driver perangkat pendukung windows xp lainnya.

Cara Install Windows XP


Selamat, Anda sudah berhasil install ulang windows XP pada komputer. Jangan heran kalau Windows XP Anda terasa lebih cepat dan ringan daripada sebelumnya, hal ini dikarenakan komputer Anda masih belum terinstall program apapun.Komputer anda terlihat baru lagi,hehehe.Silahkan install program maupun software yang Anda butuhkan untuk menunjang windows XP anda.

Semoga postingan Cara Install Windows XP ini bisa bermanfaat bagi anda semua,jangan takut untuk mencoba menginstall komputer atau laptop anda,anda pasti bisa melakukan sendiri.Sekian dan terima kasih.

Cara Install Windows XP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown